Tips Membangun Rumah Sendiri

By | October 11, 2015

palSepuluh.net , Mempunyai sebuah rumah merupakan keinginan setiap orang. banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan rumah pribadi, contohnya, dengan membeli rumah yang sudah jadi/perumahan baik dengan cara mengajukan kredit KPR melalui bank atau membeli rumah secara tunai.


tapi disisi lain ada beberapa orang yang  membangun rumahnya sendiri, bisa karena faktor ekonomi atau faktor kepuasan agar rumah yang dibangun sesuai keinginan.

image

sebelum membangun rumah setidaknya ada beberapa tahap yang harus dipersiapkan atau direncanakan agar rumah yang ingim dibangun sesuai dengan planning awal.

1. Desain Rumah
menentukan desain rumah sesuai keinginan atau kebutuhan keluarga. kalau budget lebih bisa menggunakan jasa arsitek tetapi jika ingin berhemat ya bisa contek desain rumah yang ada di internet atau majalah, tinggal sesuaikan keinginan saja, tentunya desain rumah yang minimalis akan memakan biaya yang lebih sedikit daripada rumah dengan desain tematis.

2. Bentuk Rumah
hal ini berkaitan dengan desain rumah diatas, umtuk rumah dengan model kotak atau persegi tentunya bahan bangunan yang digunakan akan lebih sedikit dibanding dengan bentuk lainnya, selain itu kesulitan bentuk rumah yang tidak biasa akan menyebabkan waktu pengerjaan relatif lama.

3. Riset Harga Bahan Bagunan
hal ini memang harus dilakukan untuk mendapatkan bahan bangunan yang murah, hanya saja memang kadang di setiap toko tidak semua murah, bisa jadi di Toko A yang murah adalah semen lalu di Toko B yang murah adalah keramik-nya, jadi memang harus pintar membeli barang, ini memang bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau baru pertama kali membangung rumah serta blank tidak ada gambaran apa saja yang harus dibeli.

4. Bangun Bertahap
untuk yang mempunyai dana terbatas untuk langsung m;mbangun sebuah rumah yang jadi 100%, bisa saja rumah dibangun bertahap, misal membangun pondasi terlebih dahulu, lalu membuat sumur atau septic tank, di lain waktu membangun dinding beserta atap, lalu melengkapi kusen-kusen, memplester tembok, memasang keramik lantai, membuat pagar rumah dan lain sebagainya.

5. Teliti Mencari Tukang
gampang gampang susah mencari tukang bangunan saat ini, usahakan mendapatkan referensi dari teman atau saudara agar tidak mendapatkan tukang bangunan yang kerja asal-asalan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *