Sakit tenggorokan : FG Troches, SP Troches, Degirol, atau Strepsils?

By | June 3, 2017

palsepuluh.net, Sebagian besar rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan disebabkan oleh radang tenggorokan. Untuk itu mari kita mengenal lebih jauh mengenai radang tenggorokan dan cara mengatasi rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan yang ditimbulkannya.
Obatnya apa saja?

Cara gampang dan murah adalah buatlah larutan garam, lalu buat dikumur. Larutan garam bersifat antiseptik yang cukup efektif untuk membersihkan mulut.

Degirol (Darya-Varia Laboratoria)
Tiap tablet hisap mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg (1,1’-Decamethylenebis-(4-aminoquinaldinum chloride). Bahan aktif ini merupakan suatu bahan antibakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri gram positif dan negatif, Borelia vincenti, Candida albicans dan bakteri yang resisten terhadap antibiotika. Tablet hisap DEGIROL untuk sakit tenggorokan serta mencegah infeksi pada selaput lendir mulut. Dengan rasa jeruk sitrun dapat diberikan baik kepada anak-anak maupun dewasa.

Indikasi: sakit tenggorokan; peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan seperti gingivitis, periodontis, pharyngitis, laringytis dan angina; infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.
Obat ini dikontraindikasikan bagi penderita yang hipersenstif terhadap dequalinium klorida. Juga, hindari pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang.
Aturan pakai: satu tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut. Ulangi setiap 3-4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dan ingat, jangan melebihi 8 tablet sehari.

SP Troches (Meiji Indonesia)
Sama-sama berisi dequalinium klorida 0,25 mg (antiseptik mulut dan tenggorokan). Bedanya dengan Degirol ada di varian rasa. Kalau Degirol rasanya cuma jeruk sitrun dengan kemasan warna kuning, SP Troches ada rasa melon, strawberry, dan kopi. Pemakaian sama dengan Degirol, di emut di dalam mulut sampai habis. Lalu harganya gimana? Kalo degirol dikemas dalam strip 4 biji harganya Rp 2400 jadi per tablet kenanya Rp 600. Sedangkan SP Troches Rp 9000/strip 12 biji. Jadi per biji kenanya Rp 750. Yah, beda-beda tipislah. Sekarang mungkin pilihannya ada pada rasa dan kemasan per blisternya saja.

FG Troches (Meiji Indonesia)
Isinya antibiotik yaitu Fradiomisin dan Gramisidin. Wah antibiotik, bisa lebih ketat donk pemakaiannya? Ya emang, tapi lebih manjur. Lagian kedua antibiotik buat bakteri-bakteri lokal kok, jadi gak bahaya-bahaya amat. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Jadi dibiarkan kontak yang sering antara obat dengan “tempat infeksi dimana bakteri bersarang”. Jadi di emut, seperti ngemut permen.
Bentuk: sublingual tablet (kayak permen polo)

Indikasi: Gingivitis (radang gusi), stomatitis (radang rongga mulut), pharyngitis (radang faring/tekak), bronchitis (radang bronkhus/cabang tenggorok), tonsillitis (radang tonsil/amandel), Vincent’s angina (radang selaput lendir mulut dengan tukak berselaput), pharyngeal diphtheria, periodontitis of wisdom tooth (periodontitis geraham bungsu).
Dosis: 1 atau 2 troches, sedangkan untuk anak-anak 1 troches. Bisa dipakai 4-5 kali sehari.
Pemberian: Troches harus diemut dalam mulut atau di bawah lidah.
Kontraindikasi: jangan diberikan kepada pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas pada komponen obat. Atau pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas terhadap aminoglikosida seperti streptomsin, kanamisin, gentamisin, fradiomisin dan basitrasin.
Famakologi:
Fradiomisin dan gramisidin adalah antibiotik yang berakasi sebagai bakterisida (membunuh bakteri), aktif pada terhadap Staphylococci.

Strepsils (Reckitt Benckisser Healthcare Mfg., Thailand)

Berbeda dengan yang lain yang merupakan kategori obat, yang satu ini merupakan permen/kembang gula. Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa. Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Namun, perlu diperhatikan juga pada anak-anak bisa menyebabkan tersedak.

Komposisi Strepsils yaitu 2,4-diklorobenzyl alkohol (dibenzal) 1,2 mg, amylmetakresol 0,6 mg, minyak pepermint, minyak terpeneless lemon, asam tartrat, sukrosa, glukosa cair, madu. Kok bisa berwarna kuning mas? Iya soalnya mengandung pewarna Quinolin (Cl 47005) dan air. Tenang, ini pewarna yang aman kok.
Bagaimana untuk ibu hamil? Sebenarnya ibu hamil dihindarkan dari berbagai macam konsumsi obat. Namun jika kondisi sangat memerlukan obat sakit tenggorokan, maka pilihlah yang golongan antiseptik saja.

sumber : moko31.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *