Menonaktifkan plugins melalui phpmyadmin di Cpanel

By | October 28, 2015

palSepuluh.net , kadang saat membangun blog/websites suka coba pasang plugins ini itu lalu diedit di script-nya untuk keperluan tertentu memang mengasyikan, masalahnya kalau proses modifikasi script ini menimbulkan masalah, seperti yang kami alami, saat mengutak atik sebuah plugins pada blog self hosted berbasis wordpress, ternyata kami tidak bisa mengakses halaman login administrator blog.

selalu muncul pesan error browser dan login form tidak dapat ditampilkan, tentunya bikin panik, sedangkan halaman websites untungnya masih bisa diakses seperti biasa tanpa kendala, akhirnya diputuskan untuk menonaktifkan sementara plugins yang diduga menjadi biang keladi masalah.

tetapi kan tidak bisa masuk ke dashboard blog? bagaimana cara menonaktifkan plugins yang dimaksud? nah caranya adalah melalui PHPMyAdmin via CPanel blog kita, saat kita membeli domain hosting kan disertakan informasi akun username serta password CPanel. langkah untuk disable plugins via phpmyadmin adalah sebagi berikut :

1. login ke halaman CPanel
2. masuk ke tab Database, pilih PHPMyAdmin
3. klik tombol tree (+) disebelah kiri sesuai nama database blog yang digunakan
4. pilih tabel “wp_options”
disable-wordpress-plugins-3

5. setelah terbuka, masuk ke tab SQL
disable-wordpress-plugins-4

6. ketikkan sql command sebagai berikut, untuk menampilkan daftar plugins yang aktif

” SELECT * FROM wp_options WHERE option_name = ‘active_plugins’; “

*hapus tanda kutip

7. klik GO, setelah itu akan tampil sebuah baris hasil query, klik Edit
disable-wordpress-plugins-5

7. untuk menonaktifkan semua plugins silahkan hapus semua yang terdapat pada form, lalu isikan kode dibawah ini pada form kemudian klik GO

a:0:{}

8. untuk menaonaktifkan salah satu plugin silahkan hapus nama plugins dari daftar diatas, misalkan yang bermasalah adalah plugins JetPack maka baris yang dihapus adalah baris JetPack, seperti contoh dibawah

” i:6;s:19:”jetpack/jetpack.php”; ”

* baris yang harus dihapus

9. setelah plugins bermasalah dihapus dari daftar ini, maka secara manual harus disesuaikan lagi urutan-nya misal
pada awal sebelum dirubah nilai isian “a=13” maka isian angka harus disesuaikan misalkan satu plugins yang dihapus maka menjadi a=12 jika 2 plugin yang dihapus maka menjadi a=11.
selain itu harus mngurutkan lagi pada tag i, dimulai dari i=0 sampai terakhir plugins yang masih ada.
setelah selesai klik GO, jangan lupa backup ya sebelum proses editing ini, biar kalau ada kesalahan bisa langsung paste code isian awalnya.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *