Kelebihan dan kelemahan Toyota Kijang Kapsul

By | October 8, 2015

palSepuluh.net , salah satu produksi Toyota di Indonesia yang ga ada mati-nya ya si Toyota Kijang, harga pasaran bekas Toyota Kijang Kapsul memang stabil, adem ayem meskipun usia mobil juga sudah tua, Toyota Kijang Kapsul merupakan generasi ke 4 dari klan Toyota Kijang, Kijang Kapsul mulai diproduksi tahun 1997 sampai dengan 2005.

Toyota Kijang kapsul ini mempunyai banyak varian antara lain SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Krista, Untuk tipe standar ada SX dan LX, lalu tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan tipe paling tinggi adalah kijang krista. kode S melambangkan Short, sedangkan L adalah tipe Long.

berikut perbedaan antar varian tipe Kijang kapsul :
SX, LX: Tipe standar banget, tidak ada AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya.
SSX, LSX: Tipe medium, interior lebih bagus dibanding SX/LX, menggunakan AC dan sistem audio.
SGX dan LGX: tipe komplit, AC sudah double blower, power steering, power window, audio, wiper depan serta belakang, ada lampu kabut, spoiler.
Krista: Tipe paling atas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, cat bodi two tone colour.

meskipun dikenal cukup boros tapi mesin Kijang memang bandel, perawatan mudah, spare part banyak, bodi-nya anteb bengkel mana aja bisa pegang mesin Toyota Kijang.

toyota kijang LGX

Toyota Kijang mempunyai 2 tipe mesin, mesin bensin tipe 7K dengan kapasitas 1.800 cc SOHC, mesin diesel 2L 2.500 cc non commonrail/mekanikal fuel pump. kelemahan mesin seri K pada Totota Kijang ada di ring piston, sehingga jamak ditemui Kijang ngebul asap putih yang artinya ada kebocoran oli masuk ke ruang bakar mesin mobil, solusi-nya ya gant0 dengan ring piston baru seharga Rp. 300rb-an.

sedangkan kelemahan mesin diesel 2L ada di kepala silinder, persisnya pada bagian lubang napel port/saluran injektor diesel, masalahnya kadang kondisinya retak atau pecah, dan kerusakan ini susah diperbaiki, solusinya ya ganti kepala silinder baru/bekas copotan yang masih bagus, selain dua point diatas tentunya melihat usia yang tak lagi muda banyak part yang memang sudah sewajarnya memerlukan penggantian kalau ingin kondisi tetap nyaman seperti di sektor kaki-kaki, pengantian ball joint, tie-rod end, karet bushing arm dan sokbreker, kemudian Karet Body pada Kijang kapsul juga sering retak/ mengelupas ya karena faktor usia dan pemakaian.

untuk harga bekas kijang kapsul masih cukup tinggi, sebagai contoh Kijang Krista masih dihargain diatas Rp.100jt baik utnuk Manual maupun matic-nya, sedangkan untuk Kijang Diesel untuk keluaran tahun 2000 masih di angka 90juta rupiah.

Advertisements

3 thoughts on “Kelebihan dan kelemahan Toyota Kijang Kapsul

  1. darianto

    Malem gan, mbl saya lgx bensin 2003, kenapa mbl br d buat jalan, terus parkir 1/2jam tiba2 g hidup, tak lihat setrum dari coil ndak ada, kira2 apanya ya,

    Reply
  2. anton

    siang gan,kijang saya ssx keluhan mbl ane klo ga mbl ga di pake suka ada tetesan oli powersteering klo di biarin bs rusak tidak.?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *